CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

04 November 2008

AKUNTASNI UGM YOGYAKARTA berdasarkan proyeksi mahasiswa

SEJARAH FEB DAN JURUSAN AKUNTANSI

Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada ( FE UGM ) berdiri pada tahun 1955, sebagai hasil dari rekonstruksisasi dari fakultas Hukum, Ekonomi, Dan Sosial Politik di Universitas Gadjah Mada. Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada ( FE UGM ) terdiri vdari tiga jurusan yaitu Akuntansi, Manajemen dan Ilmu ekonomi, dan ketiga jurusan tersebut terakreditasi “A” oleh badan Akreditasi Nasional.
Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada ( FE UGM ) menyadari potensi besar pertumbuhan Indonesia dalam hal kekayaan budaya yang beragam, sumberdaya alam serta populasi penduduk yang besar. Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada ( FE UGM ) memiliki peranan yang penting dalam pembangunan bangsa, dan mempunyai hasrat yang kuat untuk meningkatkan kualiltas hidup manusia.
Peranan tersebut diwujudkan melalui program – program Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada ( FE UGM ) yang memilki kualitas internasional. Di tahun 2006 Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada ( FE UGM ) memperkuat pendidikan bisnis dan ekonomi melalui keannggotaan Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada ( FE UGM ) di AACBS International.1
Acounting Departement Faculty of Econimic ( ADFE ) adalah sebuah institusi yang telah hadir dan membahas Akuntansi semenjak tahun 1964.AFDE telah telah meraih reputasi secara nasional dengan standar yang sangat tinggi di bidang pengajaran akuntansi, yang dipercaya dapat memberikan kontribusi yang sangat tinggi bagi dunia perekonomian masyarakat Indonesia.
Kami memilki 49 tim pengajar yang diantaranya memiliki gelar Ph.D sebanyak 22, dan 6 sebagai kandidat Ph.D, 20 master, dan 1 orang sarjana yang sedang mengikuti jenjang master dan 11 orang professor yang sedang aktif di institusi ini, jurusan akuntansi memilki graduate 3.2 ( skala 4 ) hasil komulatif GPA, dan di akhir tahun mahasiswa diharapkan memilki TOEFL sebesar 552, dan maksimal 2 bulan dalam menunggu pekerjaan yang akan menjemputnya. 2

II.II VISI MISI JURUSAN

Jurusan akuntansi memilki vsi dan misi yang diambil Dari sebagian visi misi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah mada yang dimana dapat konsisten untuk mengeksploitasi sinergi diantara depertemen dan fakultas, disamping dalam spesifikasi depertemen akuntansi.
Untuk mengembangkan dan menyebarkan informasi pengetahuan akan bisnis dan akuntansike bisnis dan masyarakat lain kami membawa misi ini melalui pengengkatan yang berkesinambungan. Kami akan memasukan prinsip – prinsip ini ke pelayanan pengetahuan kami melalui teknik pengajaran inovatif dan proses penelitian sumber daya yang sesuai dengan kondisi lokal3 oleh karena itu kami menawarkan visi misi kami Yang diantaranya adalah :
ViSI :
menjadi sekolah akuntansi unggulan di ASEAN tahun 2013
MISI :
untuk menjadi institusi yang berbasis penelitian dengan level setara nasional dan internasional.
Untuk menciptakakan pelayanan pembelajaran akuntansi yang berkelas dunia untuk social, menjadi pengajar dan proses aplikasi dalam penelitian.
Untuk menjadi pusat pembelajaran akuntansi berkelas.

II.III FASILITAS
Fakultas ekonomi UGM menyediakan berbagai fasilitas belajar yang dapat diakses pula oleh seluruh mahasiswa jurusan akuntansi diantaranya adalah :
Koleksi lengkap database jurnal penelitian, termaksuk EBSCO dan SCIENCE DIRECT
Perpustakaan dengan referensi lengkap di bidang manajemen, akuntansi dan ilmu ekonomi.
Unit pelatihan Bahasa Inggris
Laboratorium computer
Akses internet wireless di lingkungan FE UGM
Ruan ng kelas dilengkapi AC
Ruang Multimedia
Masjid dan kantin
Laboratorium Bisnis
Gedung pertemuan
Ruang tunggu untuk tamu dan dosen
II.IV KONSENTRASI DAN OBJEK KAJIAN
Setiap objek atau bidang minat yang terdapat di jurusan akuntansi ini memilki mata kuliah pokok tersendiri, di dalamnya bidang minat Akuntansi Keuangan, Akuntansi manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Pengauditan, dan Sistem informasi, namun inti mata kuliah di dalam jurusan akuntansi adalah Pengantar Akuntansi, yang dimana seluruh mahasiswa baru jurusan akuntansi dibekali mata kuliah ini, sebagai dasar maupun basis di dalam melanjutkan mata kuliah lainnya yang terdapat di dalam jurusan akuntansi maupun di dalam bidang minat, selain hal tersebut jurusan memiliki topik yang sangat khas dan banytak diminati oleh mahasiswa yaitu topic mengenai “Siklus Akuntansi perusahaan Barang Dan Jasa “ yang merupakan sebuah topik menarik dan khas terutama di dalam pelajarann mengenai Komunikasi bisnis yang merupakan pelajaran favorit mahasiswa.4
Di dalam jurusan akan dibahas mengenai berbagai transaksi bisnis dan pelaporannya yang akan menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan, terutama bagi mahasiswa calon akuntan perusahaan dan internal auditor dengan wawasan yang memadai ( Broad, Basic, Fleksibel )5.

II.V METODE DALAM MELAKUKAN PENELITIAN
Di dalam melakukan Riset –riset dan penelitiannya, Jurusan akuntansi memakai dua buah metode yang dirasa sangat efisien di dalam penelitian yang sedang dilakukan oleh peneliti jurusan. Dua buah metode yang dirasa lebih mencangkupi kajian dan topik topik penelitian dalam akuntansi. Yang diantaranya adalah menggunakan metode Survey dan Data sekunder (Empiris ). Diantaranya sudah sanget banyak sekali riset – riset dan penelitian ang dilakukaan oleh para peneiti yang diantaranya adalah penelitian yang berkaitan dengan ekonomi, ekonometri, system Informasi, Akuntansi manajemen, Sistem pengendalian Manajemen dan behavioral Accounting.6
Di dalam penelitian yang dilakukan oleh jurusan akuntansi ini pemikiran Positivistik dan Interpretatif turut memilki andil yang cukup besar di dalam penentuan kebenaran sejati, karena metode tersebut ( positivism ) dan juga normative memberi kontribusi besar terhadap pengembangan Ilmu akuntansi.

II.VI PENELITIAN DAN PUBLIKASI
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universiitas Gadjah Mada memilki sarana penelitian dan pendidikan yang diyujukan bagi dosen maupun mahasiswanya, di dalam jurusan akuntansi memilki sarana yang disebut dengan PPA ( Penelitian dan Pengambangnan Akuntansi ), selainitu fakultas dan jurusanpun memiliki peran yang sangat penting di dalam penerbitan jurnal akademik, dosen akuntansipun turut secara efektif di dalam pemberian kontribusi baik dalam mengelola, merevisi, dan mempublikasikan artikel di beberapa jurnal yang telah ada7, yang diantaranya adalah

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia ( JEBI )
JEBI ( Indonesian Business and Economics Journal ) adalah publikasi yang dikeluarkan oleh fakultas untuk media dan komunikasi dosen, mahasiswa ataupun peneliti.
Dimaksudkan sebagai media komunikasi dan pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staff pengajar alumni, mahasiswa, pembaca yang berminat dan masyarakat pada umumnya.
Gadjah Mada International Journal of Business
Gadjah Mada International Journal of Business adalah sebuah media yang dimana sebagai jurnal akademik dan artikel penelitian yang membahas seputar Business, Including Accounting, Finance, International Business, Management Strategy, Marketing, economics and risk of Insurance
Jurnal Riset Akuntansi Indonesia (JRAI )
Diterbitkan oleh ikatan Akuntan Indonesia – kompartemen, Akuntan pendidik bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi.JRAI melaporkan hasil hasil penelitian akuntansi yang meliputi penelitian di bidang keuangan, pasar modal, akuntansi manajement, akuntansi sektor public, auditing, system informasi dan perpajakan.8

II.VII KOMPETENSI LULUSAN
1.Andal dalam bidang teori, praktik dan penelitian akuntansi, menjungjung tinggi nilai moral.
2.Mampu bersaing di level internasional.
3.Mampu berpikir kritis, dan strategic, dan andal dalam memecahkan masalah, dapat bekerejasama dan menunjukan kepemimpinan, mampu berkomuikasi secara efektif.
4.Siap mengembangkan diri dalam menyikapi perubahan global dan teknologi.9

0 apa pendapat anda: