CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

11 September 2008

pancasila




Pancasila yang dapat dikatakan sebagai pearadigma berfikir bangsa indonesiaa sejak tahun 1945,menyangkut muatan ajaran, teorii, dalil bahkan juga cara pandang seluruh bangsa indonesia dan cenderung berfungsi menjadi ideologi bangsa. Dengan masuknya pancasila dalam kawasan filsafat ilmu dan yang kemudian diletakan diatas pancasila iu sendiri sebagai paradigma perlu kita pahami dasar dan arah penerapannya.


Sejak jaman dahulu setiap orang salalu memberikan batasan bagaimana ilmu pengetahuan itu,namun satelah ilmu pengetahuan menampakan diri sebagai masyarakat sebagai proses dan sebagai produk, filsafat yang diyakini induk dari ilmu pengetahuan mempunyai corak motodologik dengan segala sesuatu yang ada yang mungkin diterangkan berbagai macam kosmogoni dan theogoninya diuraikan peran para dewa. Pasca aristoteles datanglah isarat akan datangnya tahapan baru yaitu filsafat yang harus mengabdi kepada agama, sehingga timbul anggapan bahwa “jika oraang yunani adalah bapak metode iLmiah maka muslim adalah bapak angkatnya”, namun setelah gerakan revolusioner pada masa renaisance di abad ke 15 suatu kehidupan dan tatanan baru suatu kehidupan pembebasan kedudukan yang semula koloni dan sukoloni agama dan gereja saat itu.



Dengan adanya faktor heuristik yang medorong lahirnya cabang – cabang ilmu pengetahuan yang baru yang kini melaju dengan cepat, mendasar dan sangat spektakuler dan juga menyentuh segala aspek yang ada di kehidupan kita secara eksistensi dan akan merombak budaya manuisa secara intensif. Saat ini bangsa tengah mengalami transisi budaya nasional kebangsaan menuju budaya global, media yang membuat batasan batasan se,pit yang menjadi terbuka elektisnamun tetap mentoleransi adanya plutirumitos sebagaimna digerakan oleh faham post modernism.


Hubungan antara pancasila dan ilmu pengetahuan tidak dapat lagi ditempatkan secara dikotomis saling bertentangan , pancasila haruslah disrtai sikap kritis ilmu pengetahuan sehingga menjadikan pancasila sebagai sumber paradigma yang sangat kuat untuk saat ini, sehingga tidak mehirkan akibat fatal bagi kehidupan umat manusia, oleh karena itu setiap warmga negara indonesia haruslah menjadikan pancasila sebagai paradigma kehidupannya dimasa kelak dan menjadikan pancasila sebagai falsafah kehidupan.

0 apa pendapat anda: